RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas/ Semester : X/
II
Standar
Kompetensi : Menerapkan akhlak mulia
dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Membiasakan
menghindari perilaku tercela dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : a.
Siswa dapat mengidentifikasi akibat buruk sifat
hasud
b. Siswa dapat mengidentifikasi akibat
buruk sifat riya’
c. Siswa dapat menyebutkan dalil naqli
tentang hasud
d. Siswa dapat menyebutkan dalil naqli
tentang riya’
e.
Siswa dapat menghindari perbuatan hasud.
f. Siswa
dapat menghindari perbuatan riya’.
Alokasi Waktu : 1 x 25 menit
I.
Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa
dapat mendefinisikan pengertian hasud dan
riya’.
b.
Siswa
dapat menjelaskan akibat buruk dari hasud dan riya’.
c.
Siswa
dapat menjelaskan pembagian riya’.
d.
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri orang yang mempunyai sikap riya’.
e.
Siswa
dapat menyebutkan dalil naqli tentang hasud dan riya’.
II.
Materi Pembelajaran
a.
Pengertian
hasud dan riya’.
b.
Dalil
naqli tentang hasud dan riya’.
c.
Pembagian
riya’.
d.
Ciri-ciri
riya’.
e.
Bahaya
hasud dan riya’.
III.
Metode Pembelajaran
a.
ceramah,
b.
cerita,
dan
c.
tanya
jawab.
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
a.
Pembukaan
(salam)
b.
Guru
memberikan apersepsi
2.
Kegiatan
Inti
a.
Guru
menyampaikan pengertian, dalil naqli, dan bahaya hasud.
b.
Guru
bercerita kisah tentang seseorang yang
mempunyai sifat hasud.
c.
Guru
bertanya kepada siswa tentang apa yang mereka ketahui terkait dengan sifat
riya’.
d.
Guru
menjelaskan pengertian, dalil naqli, pembagian, ciri-ciri riya’.
3.
Kegiatan
Akhir
a.
Guru
dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan.
b.
Guru
menyampaikan tugas.
V.
Media/ Sumber Belajar
a.
Al
Qur’an
b.
LKS
PAI
c.
Slide
Power point
VI.
Penilaian :
(Model Tes Esai)
Jawablah pertanyaan di bawah ini,
tulislah di buku tugas!
1.
Jelaskan
pengertian hasud!
2.
Jelaskan
pengertian riya’!
3.
Sebutkan
dalil naqli tentang hasud!
4.
Tulislah
dalil naqli tentang riya’!
5.
Bagaimana ciri-ciri orang yang mempunyai sikap
riya’!
6.
Sebutkan
bahaya hasud!
7.
Sebutkan
bahaya riya’!
8.
Amatilah
perilaku masyarakat di sekitar Saudara. Adakah orang-orang yang memiliki sikap hasud
atau riya’? Bagaimana keadaan mereka? Akankah kita seperti mereka atau kita
berusaha untuk menghindari itu semua?
Penskoran
Setiap soal berbobot
dengan perincian sebagai berikut:
Jawaban
|
Skor
|
Sangat sempurna
|
4
|
Sempurna
|
3
|
Kurang sempurna
|
2
|
Tidak sempurna
|
1
|
Rumus : P = f x
100
N
Keterangan : P = Nilai akhir
F = frekuensi/ nilai yang di dapat
N = Jumlah nilai keseluruhan
Purwokerto,
10 Maret 2011
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Pengampu
Purwanto Kuswanti
Komentar
Posting Komentar